Latar Belakang

Sesungguhnya segala puji hanyalah bagi Allohu Ta’ala. Kita memuji-Nya, meminta pertolongan-Nya dan ampunan-Nya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Illah yang berhak disembah dengan haq kecuali Alloh semata, tiada sekutu bagi-Nya. Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada nabi kita Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, para sahabat dan pengikutnya yang istiqomah sampai akhir zaman.

Anak merupakan amanah bagi kedua orang tuanya yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban atas amanah yang telah diembannya. Anak merupakan buah hati dan penyejuk pandangan mata, sekaligus kenikmatan besar yang Alloh anugerahkan kepada hamba-hamba-Nya. Oleh karena itu, orang tua sebagai pengemban amanah, berusaha melakukan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui jalur pendidikan.

Berkembangnya tehnologi dan dunia pendidikan saat ini dengan segala bentuk dan muatannya, mengharuskan para orang tua untuk selektif dalam memilih tempat belajar bagi para anaknya, demikian pula dengan pergaulan dan lingkungan yang ada.

Melihat urgensi pendidikan anak yang demikian besar, dimana kemaslahatan orang tua dan anak, bahkan masa depan umat dan masyarakat sangat dipengaruhi oleh faktor ini, maka Salafiyah Ula Ma’had Al Faruq sebagai lembaga yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan, berupaya untuk turut andil dalam mewujudkan generasi sholih dan sholihah yang mempunyai wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas dengan mengembangkan sistem pendidikan berbasis nilai-nilai agama berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah dengan pemahaman salafush sholih.

Seiring berjalannya waktu, proses pengelolaan lembaga pendidikan ini terus berjalan. Selayaknya sebuah lembaga pendidikan tentunya membutuhkan dana dalam proses pelaksanaannya, agar kegiatan yang ada dapat berjalan dengan lancar. Namun, dengan keterbatasan kemampuan yang ada, baik dari sisi finansial maupun yang lainnya menyebabkan proses kegiatan pendidikan yang ada belum dapat berjalan secara maksimal seperti yang diharapkan. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya masih sangat membutuhkan ta’awun dari berbagai pihak, agar apa yang diharapkan dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.