Profil Ma’had

I. MUQODIMAH

Segala puji hanyalah milik Alloh, kami memuji-Nya, meminta pertolongan dan ampunan-Nya. Dan kami berlindung kepada Alloh dari kejahatan diri-diri kami dan keburukan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang ditunjuki oleh Alloh, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan oleh Alloh, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Saya bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Alloh semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rosul-Nya. Sholawat dan salam Alloh semoga senantiasa tercurah kepada beliau, keluarga dan orang-orang yang mengikuti sunnah beliau hingga akhir zaman.

Ammaa ba’du.

Dengan memohon pertolongan, taufiq dan ridho Alloh ta’ala, Kami merencanakan memanfaatkan tanah wakaf di kompleks Mushola Bani Kusyairi RT 04 RW 03 Desa Karanglewas Kidul kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan berupa ma’had/pondok pesantren yang diharapkan akan menjadi fasilitas yang sangat penting sebagai markaz dakwah islam di daerah tersebut sebagai salah satu tempat rujukan dalam mencari ilmu pada masa-masa yang akan datang.

II. LANDASAN PEMIKIRAN
  • Ilmu merupakan cahaya yang seorang hamba menjadikannya sebagai penerang dalam hidupnya, sehingga dia mengetahui perintah-perintah dan larangan-larangan Alloh dan Rosul-Nya. Alloh Ta’ala berfirman:

“Katakanlah: Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”. (QS. Az-zumar: 9)

  • Ilmu adalah salah satu perkara yang agama ini tegak di atasnya, sehingga lemahlah pengaruh-pengaruh dari musuh-musuh islam. Alloh Ta’ala berfirman:

“Dia-lah yang mengutus Rosul-Nya dengan membawa Al-huda (yaitu ilmu) dan Dienul Haq (yaitu amal sholeh) agar Dia memenangkannya di atas segala agama, meskipun orang-orang musyrik benci” (QS. Ash-shof: 7)

  • Penyampaian ilmu agama melalui majelis-majelis, baik yang bersifat umum maupun khusus, merupakan metode dakwah yang ditempuh oleh para ulama baik pada zaman sekarang maupun zaman-zaman yang terdahulu. Dan inilah jalan dakwahnya para shohabat yang sesuai dengan bimbingan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam.
  • Perlunya pembinaan terhadap kaum muslimin di atas agama mereka yang haq, mengajak mereka untuk mengamalkan hukum-hukum agama islam dan berhias diri dengan keutamaan dan akhlak islam.